Kecilkan Ukuran File *.EXE

Di sistem operasi Windows, sering kita jumpai file yang berekstensi EXE berukuran besar, bisa berukuran lebih dari 5 MB. Kalau Anda ingin mengirimkannya ke teman Anda lewat e-mail, waktu yang dibutuhkan lama untuk upload bisa lama. Kawan Anda pun butuh waktu yang tidak sebentar untuk mendownloadnya.

Ada sebuah aplikasi yang bisa mengompres ukuran file EXE menjadi lebih kecil, tapi bukan aplikasi seperti WinRar atau WinZip. Namanya UPX atau Ultimate Packer for eXecutables. Anda bisa mendownloadnya di http://upx.sourceforge.net/download/upx203w.zip. Ukuran paket programnya boleh dibilang kecil—hanya 284KB. Jadi, hanya dibutuhkan sedikit waktu untuk mendownloadnya.

Selain singkatan dari Ultimate Packer for eXecutables, UPX juga disingkat dari Universal Portable eXtendable. Kata “universal” di situ menandakan bahwa aplikasi ini bersifat umum, bisa digunakan pada 20 format file EXE. Kata “portable” berarti aplikasi ini bisa digunakan tanpa harus diinstal karena ditulis dengan bahasa Portable Endian-Neutral C++. Kata “extendable” berarti mendukung file dengan format EXE dan kompresi algoritma baru.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s