Situs-Situs untuk Mengunduh APK Android

Situs-Situs untuk Mengunduh APK Android.

Sebenarnya tempat untuk mengunduh (download) aplikasi android sudah ada tempatnya sendiri, yaitu di android market. Kita dapat mengaksesnya langsung dari handphone kita atau dari PC. Akan tetapi, sayangnya ada biaya yang harus kita keluarkan untuk mengunduh aplikasi itu. Bukan karena aplikasinya yang harus kita bayar (sebagian besar aplikasi android bersifat gratis, walaupun ada yang berbayar), melainkan karena paket data aplikasi yang kita unduh yang harus kita bayar ke operator, bergantung dengan tarif yang mereka tentukan. Sayang sekali kan, pulsa kita harus terpotong gara-gara kita mengunduh aplikasi android untuk handphone kita.

Nah, sebagai alternatif, cara yang sangat murah (bahkan gratis :D ) adalah dengan langkah mengunduh aplikasi melalui PC. Tentunya harus ada koneksi internet jugalah :D .

Kalau koneksi internet sudah ada, selanjutnya kita bisa mengakses situs-situs yang menyediakan file-file installer aplikasi android yang berekstensi APK. Memang, dari semua situs itu, tidak semuanya menyediakan review terhadap aplikas-aplikasi tersebut. Sebagian besar hanya berupa katalog saja yang berisi link-link file untuk mengunduhnya. Jika kita memang ingin mengetahui review yang lebih lengkap mengenai aplikasi android tertentu, kita bisa mengakses situs-situs informasi aplikasi android seperti Android MarketAndroidLib, dan AndroidZoom. Di situs-situs tersebut juga disediakan QR code yang akan mengarahkan ke link untuk mengunduhnya (menggunakan handphone).

Nah, situs-situs itu di antaranya:

1. Blapkmarket

Untuk dapat mengunduh file-file APK di situs ini, kita harus login terlebih dahulu. Sebelum bisa login, tentu saja kita harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Dari pengalaman saya, verifikasi akun yang sudah kita daftarkan melalui waktu yang cukup lama, tidak sekejap setelah kita selesai melakukan registrasi sebagaimana pada situs-situs lainnya. Untuk itu, kita harus bersabar. :D

File-file APK yang tersedia dikelompokkan ke dalam kategori-kategori. Tidak ada review yang diberikan terhadap aplikasi-aplikasi android yang ada di situs itu. Kita cuma diberikan link ke situs lain yang memberikan review terhadap aplikasi. Namun, meskipun tidak ada review, situs ini masih memberikan screenshot untuk aplikasi-aplikasi tertentu (tidak semuanya ada).

2. Freeware Lovers

Situs ini sebenarnya tidak hanya menyediakan aplikasi mobile untuk platform Android saja, tapi juga menyediakan aplikasi untuk platform Blackberry dan Palm OS. Link yang saya berikan di atas sudah saya arahkan ke Freeware Lovers yang Android.

Bisa dikatakan situs ini cukup minimalis. Bukan minimalis jumlah APKnya, melainkan review terhadap aplikasinya. Tapi sebaliknya, jumlah APK yang tersedia sangat besar (lebih dari 1000 APK). File-file itu sudah dikelompokkan berdasarkan kategori-kategori sehingga memudahkan dalam pencarian. Untuk mengunduh file APK yang tersedia, kita tidak perlu sampai login ke situs ini.

3. Android APK Info

Jangan terbengong-bengong kalau membuka situs ini. Yak, situs ini memang menggunakan bahasa pengantar berupa bahasa Arab. Tapi seperti situs aplikasi android lainnya, situs ini juga membagi aplikasi-aplikasi android ke dalam kategori-kategori. Selain itu, setiap aplikasi juga disertai screenshot-nya sehingga kita bisa mengetahui gambaran aplikasi tersebut, Yang unik dari situs ini, kita bisa meminta (request) file APK yang kita inginkan yang belum ada di situs ini dengan cara mengisi form (alamat email kita dan nama aplikasi) yang terdapat di salah satu menu situs ini. Dalam waktu sekitar satu hari, aplikasi yang kita inginkan sudah dirilis di situs ini.

4. Free Androidware

Situs ini berbeda dengan situs-situs aplikasi Android pad umumnya yang membagi kumpulan aplikasinya ke dalam beberapa kategori seperti entertainment, games, productivity, dsb. Situs ini hanya membagi kontennya ke dalam 4 kategori: applications, games, themes, dan wallpapers. Yup, benar, situs ini memang tidak hanya menyediakan installer aplikasi-aplikasi android saja, tapi juga menyediakan konten lain seperti yang tersebut pada kategori-kategori itu. Situs ini juga memberikan review yang cukup lengkap terhadap konten-kontennya. Sayangnya file-file tersebut, baik wallpaper, aplikasi, dsb. itu, tidak tersimpan dalam situs itu sendiri, tetapi di-mirror ke situs storage atau file sharinggratisan seperti hotfile,

5. Android Downloadz

Di situs ini kumpulan file aplikasi android dikelompokkan ke dalam kategori-kategori. Situs ini tidak mensyaratkan harus login sebagai member terlebih dahulu untuk mengunduh file-file tersebut. Kekurangannya adalah review yang diberikan untuk aplikasi sangat minim sekali, bahkan cukup banyak juga aplikasi yang tidak terdapat reviewnya.

6. Android Themes

Nama situsnya memang Android Themes. Akan tetapi, bukan berarti di dalamnya cuma ada themes-themes saja. Di sana tersedia cukup banyak aplikasi-aplikasi Android, termasuk games. Selain itu juga ada wallpaper-wallpaper yang pas untuk ponsel kita. Sayangnya, kumpulan aplikasi itu tidak di-sorting berdasarkan kategori-kategori, tetapi langsung saja terdaftar berupa urutan nomor mulai dari 1 sampai ratusan (bahkan ribuan).

Nah, selain situs-situs di atas, kita juga bisa mengunduh file-file APK dari situs-situs file sharing seperti 4shared, Rapidshare, Fileserve, Filesonic, dsb. Tentu saja sebelumnya kita harus melakukan pencarian terlebih dahulu terhadap aplikasi yang ingin kita unduh. Kalau tidak mau susah melakukan pencarian, kita bisa bergabung ke forum-forum yang memang memfasilitasi itu. Forum yang saya ketahui salah satunya adalah salah satuthread di forum Kaskus. disini

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s